Blogger Jateng

Informasi Seputar Candi Cetho Karanganyar - Sejarah, Lokasi Dan Harga Tiket

Candi Cetho merupakan sebuah candi Agama hindu yang terletak di sebuah lereng gunung Lawu yang berada di ketinggian 1496 MDPL. Selain itu candi cetho juga merupakan sebuah pintu masuk pendakian ke puncak gunung lawu, meskipun rute nya menuju ke puncak memutar akan tetapi pemandangan menuju ke puncak gunung memiliki pemandangan yang sangat menawan.

Karena Candi Cetho berada di daerah pegunungan maka tidak heran lagi kalau suasana di candi cetho begitu sejuk. Bagi wisatawan yang beragama hindu. Para wisatawan pun juga bisa berdoa sambil liburan ke candi cetho ini. Candi Cetho juga terkenal di berbagai daerah itu di ketahui karena banyak wisatawan dari berbagai daerah yang berkunjung dan berlibur ke candi cetho ini


Candi Cetho, Karanganyar, Sumber foto (https://www.instagram.com/sherlie_citra/)
Candi Cetho Karanganyar. Sumber foto (https://www.instagram.com/sherlie_citra/)

Jika kamu ingin mendaki gunung lawu via cetho waktu yang di tempuh untuk menuju ke puncak hargo dumilah sekitar 12 - 15 jam. Dan terdapat 5 pos istirahat yaitu Basecamp (Mbah Branti), pos 1 (Brak Sreng), pos 2 (Cemoro Dowo), pos 3 (Penggik), pos 4 (Bulak peperangan), pos 5 (Gupak menjangan) setelah sampai ke pos 5 kamu akan di arahkan ke Pasar Dieng, setelah sampai pasar dieng lalu kamu harus menuju ke Hargo Dalem, setelah sampai di hargo dalem kamu bisa mampir dan ber istirahat ke warung legendaris gunung lawu yaitu Warung mbok yem di sini kamu bisa memesan makanan dan minuman di warung tersebut. Setelah itu kamu kamu bisa lanjut perjalanan untuk menuju ke puncak gunung lawu yaitu puncak Hargo Dumilah.

Di Candi Cetho para wisatawan bisa berkeliling dan bisa melihat keindahan alam dan kemegahan bangunan candi yang mengagumkan di Candi Cetho. Di area Candi Cetho ada beberapa tempat yang menarik yang harus kamu kunjungi yaitu Candi Kethek dan Taman Puri Saraswati.


Candi Kethek, Sumber foto (https://www.instagram.com/made_dy/)
Candi Kethek. Sumber foto (https://www.instagram.com/made_dy/)

Candi kethek merupakan sebuah candi yang tempatnya masih berdekatan dengan candi cetho. Karena dari jaman dahulu sampai sekarang di sekitar candi tersebut terdapat banyak binatang kera maka candi ini diberi nama oleh para penduduk dengan sebutan candi kethek. Kata Kethek berasal dari bahasa jawa yang mempunyai arti Kera.

Candi kethek terletak di sebuah jalur pendakian menuju puncak gunung lawu via cetho. Karena candi kethek terletak di daerah pegunungan dan terdapat pepohonan yang masih terjaga keasrian nya maka tidak heran lagi kalau Candi kethek memiliki suasana yang begitu sejuk dan juga teduh.Jadi jangan sampai ter lewatkan ya saat kamu berkunjung ke candi cetho untuk mampir ke candi kethek ini.

Patung Dewi Saraswati. Sumber foto (https://www.instagram.com/xiwox_woko/)
Patung Dewi Saraswati. Sumber foto (https://www.instagram.com/xiwox_woko/)

Taman Puri Saraswati merupakan salah satu tempat pemujaan bagi umat beragama hindu dan sekaligus sebagai tempat wisata. Daya tarik dari Taman Puri Saraswati yaitu berupa sebuah patung Dewi Saraswati yang sangat menawan.

Patung Dewi Saraswati ini merupakan sebuah patung pemberian dari pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali. Patung Dewi Saraswati di resmikan pada tahun 2007 oleh Bupati Karanganyar dan Bupati Gianyar, Bali. Taman Puri Saraswati terletak satu komplek dengan Candi Cetho.

Sejarah Candi Cetho

Candi Cetho, Sumber foto (https://www.instagram.com/vindybindhi/)
Candi Cetho. Sumber foto (https://www.instagram.com/vindybindhi/)

Candi Cetho merupakan candi hindu yang di duga dibangun pada masa kerajaan Majapahit. Yang di perkiraan di bagun pada tahun 1452-1470 Masehi. Dan di yakini bahwa candi tersebut merupakan sebuah candi peninggalan dari Prabu Brawijaya V yaitu sebagai raja terakhir dari kerajaan Majapahit. 

Candi cetho di temukan kembali pada tahun 1842 oleh seseorang peneliti yang bernama Van Der Vlis. Setelah itu di lanjutkan oleh peneliti purbakala belanda K.C.Crucq, A.J.Bernet Kempers dan W.F.Stutterheim.

Lalu pada tahun 1928 Candi Cetho di teliti kembali dan direkontruksi oleh Dinas Purbakala Hindia Belanda. Dan Pada tahun 1975-1976 Irjenbang.Sudjono Hoemardhani telah memugar situs candi cetho menjadi seperti sekarang ini.

Candi cetho sendiri di ambil dari kata cetho yang mempunyai arti jernih atau jelas. Saat ini Candi cetho merupakan sebuah bangunan cagar budaya indonesia yang di lindungi. Dan Candi Cetho juga menjadi tempat wisata yang dapat kamu kunjungi pada masa-masa liburan.

Harga Tiket candi Cetho

Halaman Candi Cetho. Sumber foto (https://www.instagram.com/jalutajam/)

Untuk menikmati keindahan alam gunung lawu dan kemegahan dari candi cetho tarif yang di tawarkan sangat terjangkau sekali. Saat berkunjung ke candi cetho kamu akan di kenai tarif sebesar Rp.10.000/orang.

Dan jika kamu ingin berkunjung ke Candi Kethek kamu akan di kenai tarif tambahan sebesar Rp.5.000/orang. Jika kamu ke Candi Cetho menggunakan sebuah kendaraan kamu akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp.3.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk Mobil.

Untuk jam operasional nya, Objek wisata Candi cetho buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WIB. 

Fasilitas Candi Cetho

Untuk kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke Candi Cetho. Destinasi Wisata Candi cetho memiliki beberapa fasilitas yang memadai bagi para wisatawan yang mengunjunginya.

Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di Candi Cetho :
  • Lahan parkir yang luas
  • Warung makan
  • Toko Souvenir/Toko oleh-oleh.
  • Paseban
  • Gazebo
  • Posko Pendakian Gunung Lawu
  • Toilet/Kamar mandi
  • Penginapan
  • Dan lainnya

Lokasi Candi Cetho

Para Wisatawan Berkunjung Ke Candi Cetho. Sumber foto (https://www.instagram.com/jalutajam/)

Candi Cetho terletak di sebuah lereng gunung lawu, karena itulah Candi Cetho di juluki sebagai candi di atas awan. Candi Cetho merupakan candi tertinggi nomor 3 di daerah indonesia. Lokasi Candi Cetho berada di Cetho, Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah.

Wisatawan lokal daerah Karanganyar pasti sudah tidak asing lagi tentang rute perjalanan menuju ke Candi Cetho. Bagaimana kalau dengan wisatawan asing yang baru berkunjung ke daerah Karanganyar dan ingin pergi ke Candi Cetho. Mereka pasti akan kebingungan dan takut ke sasar saat berkunjung ke Candi Cetho.

Jika kamu ingin pergi ke Candi Cetho akan tetapi kamu tidak tahu rute menuju ke Candi Cetho. Supaya tidak bingung dan tdak kesasar saat berkunjung ke Candi Cetho, saya sarankan untuk menggunakan sebuah layanan Navigasi dari Google Maps. Dan untuk tautan Navigasi Google mamps nya anda bisa klik tautan yang ada di bawah ini.


Tips Berkunjung Ke Candi Cetho

Gapura, Candi Cetho, Sumber foto (https://www.instagram.com/ichaasadillah/)
Gapura Candi Cetho. Sumber foto (https://www.instagram.com/ichaasadillah/)

Supaya momen liburan kamu menyenangkan dan juga seru saat berkunjung ke CandiCetho, saya mempunyai beberapa tips yang dapat kamu terapkan saat berkunjung ke candi cetho.

Berikut beberapa tips berkunjung ke candi cetho :
  • Waktu yang tepat berkunjung ke Candi Cetho yaitu di waktu pagi hari. Selain udaranya sejuk dan tidak panas kamu mempunyai waktu lebih lama menikmati keindahan dan kemegahan dari bangunan Candi Cetho.
  • Sebelum berngkat pastikan untuk mengecek kendaraan terlebih dahulu agar perjalanan anda lancar tanpa halangan sampai tujuan.
  • Ajaklah keluarga atau kerabat dekat saat berkunjung ke Candi Cetho agar momen liburan anda ramai dan juga menyenangkan.
  • bawalah perlengkapan yang di butuhkan saat liburan ke Candi Cetho seperti kamera, uang saku dan lainnya.
  • Patuhi peraturan saat berkunjung ke Candi Cetho dan jagalah kebersihan buanglah sampah pada tempatnya agar tetap terjaga kebersihan nya.
  • berhati-hatilah di jalan saat berlibur ke Candi Cetho karena keselamatan dan kesehatan anda yang paling utama.
Itulah sedikit artikel dari saya tentang Informasi Seputar Candi Cetho Karanganyar - Sejarah, Lokasi Dan Harga Tiket. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu kunjungi Wisata Ngawi dan dapatkan update terbaru tentang destinasi tempat wisata seru lainnya.

Posting Komentar untuk "Informasi Seputar Candi Cetho Karanganyar - Sejarah, Lokasi Dan Harga Tiket"