Blogger Jateng

Info Seputar Telaga Ngebel -Info Terbaru Seputar Lokasi, Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk 2023

Telaga ngebel merupakan sebuah waduk yang di bangun di sebuah Desa Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa timur. Telaga ngebel terletak di kaki gunung wilis pada ketinggian sekitar kurang lebih 730 meter di atas permukaan laut (MPDL). Di kawasan wisata ini juga di selimuti oleh udara yang sejuk dengan suhu udara sekitar 20 derajat Celcius. Telaga ngebel terletak di sebuah barat lereng gunung wilis.

Telaga ngebel merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Kabupaten Ponorogo, Jawa timur. Telaga ngebel memiliki luas sekitar kurang lebihnya 150 hektar, dan mempunyai kedalaman sekitar 20 meter.

Di telaga ngebel pengunjung dapat menikmati keindahan yang di suguhkan oleh telaga ngebel. Keindahan tersebut berupa pepohonan yang mengelilingi wisata telaga ngebel ini, pepohonan tersebut mempunyai dedaunan yang hijau, lebat dan juga mempunyai udara yang sejuk.

Selain memiliki keindahan alam dari pepohonan yang mengelilingi telaga, telaga ngebel juga memiliki wahana air asik dan juga seru. Fasilitas tersebut berupa perahu bus atau sering di sebut sebagai speedboat. Dengan fasilitas tersebut pengunjung bisa menyusuri danau telaga ngebel menggunakan speetboat.

Selain itu di telaga ngabel juga terdapat spot-spot foto yang menarik dan instagramable. Saat berkunjung ke wisata ini kamu bisa puas berfoto-foto dan memosting foto kamu di media sosial. 

Di balik keindahan nya. Ternyata telaga ngebel Ponorogo memiliki sebuah legenda yang menceritakan tentang asal usul telaga ini.

Legenda Telaga Ngebel


Patung Ular Telaga Ngebel ponorogo, Jawa timur
Patung Ular Telaga Ngebel ponorogo, Jawa timur


Dulu sebelum terbentuknya Telaga Ngebel ada sepasang suami istri yang tinggal di sebuah desa. Istri tersebut telah hamil dan saat waktu melahirkan sang istri pun terkejut karena yang di lahirkan bukanlah sebuah bayi manusia melainkan seekor ular.

Melihat kehadiran dari sosok bayi yang aneh tersebut sepasang suami istri memilih mengasingkan diri ke sebuah puncak gunung, Untuk menghindari dari omongan warga. Setiap hari sepasang suami istri tersebut terus berdoa agar anak nya menjadi manusia.

Dan akhirnya doa tersebut terdengar oleh sang dewa, Sehingga wujud ular tersebut mampu berubah menjadi wujud manusia. Sang dewa mampu merubah baruk klinting menjadi manusia dengan sebuah syarat yaitu ia harus bertapa melingkar di gunung selama 300 tahun lama nya. Lalu baruk klinting mematuhi permintaan sang dewa. tetapi saat melingkar panjang tubuh dari baru klinting kurang sejengkal jadi dia menjulurkan lidahnya untuk memenuhi kekurangan nya tersebut.

Namun persyaratan tersebut masih kurang, Untuk memenuhi persyaratan selanjutnya sang dewa meminta ayah baruk kinting memotong lidah ular tersebut dan baruk klinting pun tak keberatan. Di akhir masa pertapaan nya ternyata bertepatan dengan pernikahan dari salah satu orang terpandang di desa tersebut. Warga desa pun sangat bergembira dengan adanya acara tersebut dan menggelar sebuah pesta rakyat.

Dan akhirnya para warga pun mencari sumber daya makanan di sebuah hutan dan berburu. Selama berburu para warga pun kesulitan mencari hewan buruan dan akhirnya para warga pun beristirahat dan salah satu warga tidak sengaja menancapkan akar di sebuah akar pohon, dan tiba tiba akar pohon tersebut mengeluarkan darah. Akar pohon tersebut merupakan bagian tubuh dari baruk klinting, namun setelah melihat itu semua para warga pun senang karena bisa membawa banyak daging untuk di olah dan di masak bersama-sama.

Setelah selesai bertapa baruk klinting pun menjadi manusia, dan dia pun turun ke desa dan berbaur dengan masyarakat. Namun ketika bertemu dengan masyarakat desa, dia malah di kucilkan karena baruk klinting tidak bisa berbicara dan jijik karena terdapat sayatan di kulit baruk klinting. Saat baruk klinting kelaparan tidak ada satupun warga desa yang memberinya makan karena warga desa merasa jijik melihat baruk klinting dan diapun di kucilkan. Tetapi pada akhirnya ada seorang nenek-nenek yang mendatanginya dan memberinya makan baruk klinting pun terharu dan berterima kasih kepada nenek tersebut. Saat baruk klinting mau berpamitan dia berpesan kepada nenek tersebut untuk membuat perahu dan menaiki nya.

Dan akhirnya baruk klinting menghampiri pesta perkawinan tersebut dan menantang para warga desa untuk mencabut sebuah lidi yang di cantapkan di tanah, tetapi para warga pun tidak ada yang bisa mencabut lidi tersebut. Pada akhirnya baruk klinting pun mencabutnya, lalu dari lubang lidi tersebut keluarlah air sampai membanjiri desa semua orang pun tenggelam kecuali nenek yang menolongnya tersebut. Baruk klinting pun kembali berubah menjadi seekor ular dan bertapa di dasar telaga ngebel.

Dari desa yang tenggelam itulah yang telah menjadi telaga ngebel ini. di balik cerita mistis nya telaga ngebel termasuk destinasi terfavorit bagi anak-anak muda. di telaga ini terdapat banyak anak-anak muda yang nongkrong dan menikmati keindahan tempat wisata ini. Tempat wisata ini adalah wisata terfavorit bagi para pendatang.

Bila Anda Tertarik Baca Juga : Wisata Telaga Sarangan

Harga Tiket Masuk Telaga Ngebel


Pintu Masuk Wisata Telaga Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa timur
Pintu Masuk Wisata Telaga Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa timur



Untuk anda yang ingin liburan ke telaga ngebel anda jangan khawatir akan kehilangan banyak uang saat berlibur kesini. Karena harga tiket masuk (HTM) yang di tawarkan sangat terjangkau. anda cukup membayar sebesar Rp.5000 saja untuk tiket masuknya.

Jika anda menggunakan kenaraan bermotor atau mobil jangan lupa untuk siapkan uang parkirnya ya.

Untuk jam buka dan tutup nya. Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo buka dari Pukul 08.00-18.00. 

Telaga ngebel selalu buka setiap hari dan bisa di kunjungi kapan saja untuk umum.

Fasilitas Telaga Ngebel


Keseruan hunting foto saat naik speedboat Sumber foto (https://www.instagram.com/nadacitraaw_)
 Keseruan hunting foto saat naik speedboat Sumber foto (https://www.instagram.com/nadacitraaw_)


Telaga ngebel merupakan destinasi wisata yang populer di kabupaten ponorogo jawa timur dan selalu ramai pengunjungnya. Dan pastinya telaga ngebel juga memiliki fasilitas fasilitas yang memadai dan memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya.

Berikut beberapa fasilitas yang di sediakan oleh telaga ngebel :

-Area parkir yang luas
-Wahana permainan air
-Warung makan dan cafe
-spot foto instagramable
-Toilet umum
-Mushola
-Tempat untuk bersantai
-Camping area
-Perahu wisata

Itulah beberapa fasilitas fasilitas yang di sediakan di wisata telaga ngebel. Nikmatilah liburan yang menyenangkan di Wisata telaga ngebel bersama keluarga anda.

Lokasi Telaga Ngebel


Pengunjung Berfoto Dengan Teman-temannya Di Telaga Ngebel. Sumber foto (https://www.instagram.com/andayu.putri/)
Pengunjung Berfoto Dengan Teman-temannya Di Telaga Ngebel. Sumber foto (https://www.instagram.com/andayu.putri/)


Jika anda ingin ke tempat wisata ini dan ingin tahu lokasi wisata telaga ngebel di mana. Telaga ngebel berlokasi di Desa Grogung, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Telaga Ngebel terletak di lereng gunung wilis bagian barat. Dan Jarak telaga Ngebel 12,5 Km. Dari Pusat Kota Ponorogo, Jawa Timur.

jika kamu ingin ke telaga ngebel tetapi masih bingung dan awam dengan rute perjalanan nya. Saya sarankan untuk memakai layanan navigasi dari google maps. Untuk link navigasinya anda bisa klik disini

Itulah sedikit Informasi dari saya tentang wisata telaga ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Semoga bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa kunjungi terus www.infowisatangawi.com dan dapatkan informasi informasi yang menarik seputar tempat tempat wisata di Indonesia.

Terimakasih! Dan sampai jumpa lagi.

Posting Komentar untuk "Info Seputar Telaga Ngebel -Info Terbaru Seputar Lokasi, Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk 2023"