Blogger Jateng

Di Jamin Bikin Nagih! Berikut Makanan Khas Kota Madiun Yang wajib Kamu Coba

Madiun merupakan Salah satu Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kota madiun menyimpan banyak makanan khas yang memiliki rasa yang enak dan juga nikmat. Tidak lengkap rasanya bila kamu berkunjung ke Kota Madiun kalau tidak menikmati Wisata kuliner yang terpopuler di Kota Madiun.

Makanan khas Madiun memiliki variasi yang sangat banyak dan memiliki rasa yang nikmat tentunya. Menariknya lagi kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena harga yang di tawarkan sangatlah murah.

Yakin tidak penasaran apa saja sih makanan khas di kota Madiun. Yuk di simak uraian nya di bawah ini:


1.Nasi Pecel Madiun.


Nasi Pecel Khas Madiun. Sumber foto (https://www.instagram.com/nasi_pecel_madiun_999/)
Nasi Pecel Khas Madiun. Sumber foto (https://www.instagram.com/nasi_pecel_madiun_999/)

Nasi Pecel Madiun Merupakan salah satu makanan khas Madiun yang terpopuler di Kota Madiun. Sebenarnya di daerah jawa timur juga memiliki varian pecel masing-masing. Tetapi nasi pecel Khas kota madiun ini memiliki sedikit perbedaan, yaitu dari sisi bahan maupun lauk yang di gunakan.

Nasi Pecel Madiun menggunakan wadah berupa daun pisang. Jika di daerah lain nasi pecel menggunakan tambahan sayuran hijau. Di daerah Madiun menggunakan tambahan kembang turi. Kembang Turi merupakan sebuah lalapan yang berwarna putih yang di gemari oleh masyarat Madiun.

Lauknya pun bukan lah rempeyek atau tempe melainkan krupuk Nasi atau sering di sebut lempeng. Meskipun begitu pengunjung bebas memilih lauk tambahan yang di sediakan, seperti ayam, tahu, telur puyuh, ati rempela, telur dadar dan lainya.
Nasi pecel khas kota Madiun bisa kamu temukan di sepanjang jalan kota Madiun.


2.Nasi Jotos


Nasi Jotos Khas Madiun. Sumber foto (https://www.instagram.com/sego_jotos_madiun/)
Nasi Jotos Khas Madiun. Sumber foto (https://www.instagram.com/sego_jotos_madiun/)



Walaupun tidak sepopuler nasi pecel Madiun nasi jotos kota madiun ini memiliki rasa yang tidak kalah enaknya dengan nasi pecel khas Madiun. Nasi jotos merupakan makanan khas Kota Madiun yang memiliki kemiripan dengan nasi kucing. Nasi jotos memiliki lauk seperti mie, tempe, tahu, telur. Keistimewaan Nasi jotos terletak di sambalnya yang memiliki cita rasa yang nikmat.

Jika anda ingin mencicipinya anda bisa berkunjung ke beberapa tempat yang terkenal lezat nasi jotosnya yaitu di Jl.MT Haryono, Jl.Meyjend Pandjaitan, Jl.Salak dan Jl.Mangga Kota Madiun, Jawa timur.


3.Blunder Cokro


Blunder cokro. Sumber foto (https://www.instagram.com/bludercokromadiun/)
Blunder cokro. Sumber foto (https://www.instagram.com/bludercokromadiun/)

Blunder Cokro merupakan salah satu oleh oleh khas Kota madiun yang sangat legendaris di Kota Madiun. Meskipun sudah sangat legendaris blunder cokro masih cocok untuk di jadikan oleh-oleh di kota Madiun.

Untuk proses pembuatan nya bunser cokro masih menggunakan alat tradisional dan tidak menggunakan bahan pengawet sehingga bunder cokro hanya bertahan 6-7 Hari saja.
Bunder cokro memiliki bentuk yang unik dan tekstur yang lembut. Bunder cokro memiliki beberapa varian rasa seperti original, cokelat,keju, kismis, abon, srawberry, dan masih banyak lagi

Jika anda ingin mencicipi bunder cokro oleh-oleh kota madiun kamu bisa datang ke toko legendaris bunder cokro, toko ini berlokasi di Jl.Hayam wuruk No.51-53. Madiun.


4.Pentol Corah Madiun


Pentol Corah Madiun. Sumber foto (https://www.instagram.com/pentolcorah_madiun/)
Pentol Corah Madiun. Sumber foto (https://www.instagram.com/pentolcorah_madiun/)

Bagi penggemar makanan pedas sayang rasanya bila melewatkan  camilan yang satu ini. Pentol corah merupakan camilan terpopuler di kota madiun. Pentol corah terbuat dari campuran tepung terigu, tepung kanji dan air dan aneka rempah-rempah sebagai penyedap nya, dan di massukkan kedalam tahu, kemudian di kukus.

Jika sudah matang biasanya dihidangkan dengan sausnya yang berbahan seperti cabai, saus,bawang putih, merica dan garam. 

Jika anda ingin mencicipinya kamu bisa datang ke pentol corah yang populer di kota madiun yaitu Pentol Corah Purbajaya, yang berlokasi di Purbajaya no.II, Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo, Madiun, Jawa Timur.

5.Brem


Brem Oleh-oleh Khas Madiun. Sumber foto (https://www.instagram.com/brem_madiun/)
Brem Oleh-oleh Khas Madiun. Sumber foto (https://www.instagram.com/brem_madiun/)

Brem merupakan jajanan oleh-oleh khas Kota madiun yang harus kamu coba saat berkunjung ke Kota madiun. Brem terbuat dari sari ketan yang telah di fermentasi. Brem memiliki bentuk berupa kotak persegi panjang pipih, dan saat digigit akan terasa segar dan juga lembut. Brem memiliki banyak aneka macam varian rasa yang bisa di pilih seperti coklat, strawberry, keju dan lainnya.


6.Kue Manco


Kue Manco Madiun. Sumber foto (https://www.instagram.com/kuemanco.id/)
Kue Manco Madiun. Sumber foto (https://www.instagram.com/kuemanco.id/)

Kue manco merupakan salah satu makanan khas madiun yang legendaris di kota madiun karena warisan nenek moyang dari turun-temurun. Menurut cerita mitosnya kue manco tidak akan bisa di buat di daerah manapun kecuali di daerah tambak mas.

Untuk cara pembuatan kue manco cukup sederhana yaitu tepung ketan diberi air lalu di aduk setelah itu di rebus lalu di keringkan, sesudah kering lalu di potong kecil kecil lalu di goreng sampai mengembang.

Setelah itu agar kue manco memiliki rasa yang sangat enak maka di tambahkan sebuah perisa seperti adonan gula, kacang, wijen dan beras jipan.


7.Lempeng Puli


Kerupuk Puli Khas Madiun. Sumber foto (https://www.instagram.com/kerupukpulimadiun/)
Kerupuk Puli Khas Madiun. Sumber foto (https://www.instagram.com/kerupukpulimadiun/)

Lempeng Puli atau sering di sebut dengan kerupuk puli merupakan kerupuk yang di buat dari bahan dasar nasi yang di gepeng kan kemudian setelah itu di jemur. Selain itu kerupuk menggunakan bahan pengawet yang berwarna kuning biasanya sering di sebut, bleng.
Lempeng puli memiliki rasa yang guring dan lezat sangat cocok untuk di santap sebagai pendamping nasi.


8.Madu Mongso



Madu Mongso Khas Madiun. Sumber foto (https://www.instagram.com/dapur.raditya)
Madu Mongso Khas Madiun. Sumber foto (https://www.instagram.com/dapur.raditya)

Madu mongso merupakan salah satu jajanan khas yang populer di Kota madiun. Madu mongso sering di suguhkan saat masa-masa lebaran. Madu mongso berbahan utama ketan hitam yang di fermentasi hingga menjadi tape. Kemudian setelah itu di masak bersama santan dan gula sampai teksturnya menyerupai dodol. 

Biasanya madu mongso dikemas menggunakan kertas berwarna, dan mempunyai berntuk yang bervariasi mulai dari lonjong hingga berbentuk bulat.

Demikian sedikit ulasan dari saya tentang Makanan Khas Kota Madiun semoga bermanfaat untuk anda. Dan jangan lupa untuk selalu kunjungi www.infowisatangawi.com dapatkan konten konten dan postingan menarik dari saya. Terimakasih sudah di baca thank you.

Posting Komentar untuk " Di Jamin Bikin Nagih! Berikut Makanan Khas Kota Madiun Yang wajib Kamu Coba "