Blogger Jateng

Info Seputar Wisata Benteng Van Den Bosch - Sejarah, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk

 

Benteng Van Den Bosch Ngawi. Sumber foto (https://www.instagram.com/kula.nuwunn)
Benteng Van Den Bosch Ngawi. Sumber foto (https://www.instagram.com/kula.nuwunn)

Benteng Van Den Bosch atau sering di sebut dengan benteng pendem merupakan sebuah benteng peninggalan kolonial Belanda yang letaknya berada di kelurahan pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Benteng Van Den Bosch memiliki sebuah gaya bangunan yang megah ala-ala Eropa. Benteng Van Den Bosch memiliki luas bangunan 165m x 80m dengan luas tanah 15 HA. Dan lokasinya yang mudah di jangkau dan strategis karena letak Benteng Van Den Bosch berada di tengah-tengah kota Ngawi.
Karena dulu sengaja di buat lebih rendah dari pada tanah sekitar, dan di kelilingi oleh tanah yang tinggi tak heran lagi kalau Benteng Van Den Bosch sering di sebut sebagai benteng pendem Ngawi.
Tak hanya terkenal dari sejarahnya, Benteng Van Den Bosch juga terkenal dengan panorama nya yang indah serta bangunan nya yang megah, karena kini Benteng Van Den Bosch sudah di renovasi dan sekarang Benteng Van Den Bosch telah menjadi destinasi wisata edukasi dan Landmark kawasan Heritange di Kabupaten Ngawi.

Dan sekarang Benteng Van Den Bosch menjadi salah satu Destinasi wisata populer di Kabupaten Ngawi. Jadi tak di ragukan lagi jika kamu ingin berkunjung ke wisata ini di momen liburan kamu.


Sejarah Benteng Van Den Bosch



Foto dalam ruangan Benteng Van Den Bosch. Sumber foto (https://www.instagram.com/jeki_yefa/)
Foto dalam ruangan Benteng Van Den Bosch. Sumber foto (https://www.instagram.com/jeki_yefa/)


Pada abat ke 19 Ngawi telah menjadi pusat perdagangan dan pelayaran di Kabupaten Ngawi. Dan telah menjadi pusat pertahanan oleh tentara belanda di wilayah ngawi dalam perang Diponegoro pada tahun (1825-1830).

Perlawanan melawan tentara Belanda yang berkobar di daerah Ngawi yang di pimpin oleh Adipati Yudodiningrat dan Raden Tumenggung Surodirjo, Berserta pengikut Pangeran Diponegoro yang bernama Wirowati pada tahun 1825. Di kala itu Ngawi berhasil di rebut dan di duduki oleh Belanda.
Untuk mempertahankan kedudukan nya dan ingin menguasai dalam jalur perdagangan dan memiliki fungsi yang strategis. Pemerintah Hindia Belanda membangun sebuah benteng pertahanan dan selesai pada tahun 1845 yaitu benteng Van Den Bosch. Benteng Van Den Bosch di huni oleh 250 tentara Belanda bersenjata api (bedil), 6 meriam dan 60 orang kavaleri yang di pimpin oleh Johannes Van Den Bosch.

Di bangun nya Benteng Van Den Bosch karena lokasinya yang strategis. Karena lokasinya berada di pnggir jalur sungai bengawan solo dan bengawan madiun. Sungai bengawan Solo dan bengawan Madiun memiliki jalur perdagangan yang sangat strategis di kala itu. Selain itu jalur sungai bengawan Solo Dan bengawan Madiun merupakan jalur lalu lintas yang dapat di lalui oleh kapal kapal besar sampai bagian hulu. Kapal tersebut merupakan sebuah kapal yang mengangkut hasil bumi rempah rempah palawija dari Surakarta menuju Ngawi Gresik.

Melihat tentara Belanda yang berusaha menguasai wilayah Ngawi. Pangeran Diponegoro tak tinggal diam. Pangeran Diponegoro berserta pengikut setianya yang bernama Kyai Haji Muhammad Nur Salim terus melakukan perlawanan terhadap para tentara Belanda serta mengajarkan agama Islam di Kabupaten Ngawi.

Konon katanya Kyai Haji Muhammad Nur Salim memiliki kekuatan kebal terhadap peluru. Sehingga para tentara Belanda kwalahan dan terdesak menghadapi Pangeran Diponegoro Beserta utusan nya. Maka para tentara Belanda membuat siasat dalam menghadapinya yaitu mengubur hidup-hidup Kyai Haji Muhammad Nur Salim di dalam benteng tersebut.

Harga Tiket Masuk Benteng Van Den Bosch Ngawi


Jalan menuju loket masuk. Sumber foto (https://www.instagram.com/3ra_ajar/)
Jalan menuju loket masuk. Sumber foto (https://www.instagram.com/3ra_ajar/)


Untuk Harga Tiket Masuk (HTM) wisata Benteng Van Den Bosch atau sering di sebut sebagai benteng pendem ini. kamu perlu membayar dengan tarif Rp.5000 saja. Dengan biaya segitu kamu dapat menikmati suasana dan kemegahan dari Benteng Van Den Bosch. Selain itu kamu juga bisa berfoto-foto dan mengaploud  foto kamu di sosial media.

Untuk anda yang pakai kendaraan Bermotor atau Mobil anda bisa membayar uang parkir sebesar, Rp.5000 untuk mobil, Rp.3000 Untuk motor.


Lokasi Benteng Van Den Bosch


Halaman depan Benteng Van Den Bosch. Sumber foto (https://www.instagram.com/3ra_ajar/)
Halaman depan Benteng Van Den Bosch. Sumber foto (https://www.instagram.com/3ra_ajar/)


Jika kamu ingin mengunjungi Benteng Van Den Bosch, dan ingin tahu lokasinya. Benteng Van Den Bosch terletak di Jl. Untung Suropati, Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Kalau kamu masih bingung dan awam tentang daerah sekitar ngawi, Saran Saya sebaiknya kamu Menggunakan Layanan navigasi dari google maps ya untuk link nya kamu bisa klik Disini.


Fasilitas Benteng Van Den Bosch


Foto pintu masuk Benteng Van Den Bosch. Sumber foto (https://www.instagram.com/amiesavitri/)
Foto pintu masuk Benteng Van Den Bosch. Sumber foto (https://www.instagram.com/amiesavitri/)


Di Benteng Van Den Bosch pengunjung di manjakan oleh beberapa fasilitas yang memadai. Berikut Beberapa fasilitas Benteng Van Den Bosch:
  • Area parkir yang luas
  • Pusat Informasi Sejarah Benteng Van Den Bosch
  • Galeri
  • Toilet Umum
  • Spot foto instagramable
  • dan lainya
Dapatkan keseruan dan suasana yang menyenangkan saat berkunjung di destinasi wisata Benteng Van Den Bosch bersama keluarga Anda.

Demikian informasi seputar Benteng Van den Bosch yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat jangan lupa selalu kunjungi website kami ya Terima kasih sampai jumpa lagi.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi situs saya di www.infowisatangawi.com dapatkan informasi seputar tempat tempat wisata yang menarik untuk anda.

Posting Komentar untuk "Info Seputar Wisata Benteng Van Den Bosch - Sejarah, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk"