Blogger Jateng

Di Jamin Bikin Ngiler! Berikut Makanan Khas Ngawi Yang Harus Kamu Coba

Kabupaten Ngawi tidak hanya terkenal soal destinasi destinasi wisata nya saja. Akan tetapi Kabupaten Ngawi juga terkenal dari makanan khasnya yang memiliki rasa yang lezat dan juga nikmat. Pasalnya Ngawi memiliki racikan dari turun temurun yang terus di pertahankan dari resep pembuatan nya.

Jika kamu berkunjung ke kota Ngawi jangan lupa sempatkan waktu kamu untuk berburu oleh oleh dan makanan khas nya yang ter populer di Kabupaten ngawi.

Penasaran? Apa saja sih makanan khas dari Kabupaten Ngawi. Berikut ini adalah jenis jenis makanan khas ngawi yang harus kamu cicipi saat kamu berkunjung ke kota Ngawi.

1. Tepo Tahu


Tepo Tahu sumber foto (https://www.instagram.com/ariemadione/)
Tepo Tahu sumber foto (https://www.instagram.com/ariemadione/)



Tepo tahu merupakan makanan tradisional yang bahan utama nya adalah tepo (lontong), tahu dan aneka bahan lainnya. Tepo tahu memiliki rasa yang khas yaitu tepo tahu memiliki kuah dengan perpaduan rasa asam, manis dan pedas. Tepo tahu merupakan salah satu makanan khas dari kabupaten ngawi. 

Kalau Surabaya mempunyai tahu tek, kalau Semarang mempunyai tahu gimbal, kalau Ngawi mempunyai Tepo tahu.

Di dalam tahu terdapat adonan Tahu yang di campur dengan telur lalu di goreng sampai matang. Setelah matang, tahu di campur dengan irisan tepo, lalu di campur dengan tauge, bawang goreng, dan irisan kol,setelah itu disiram menggunakan kuah segar yang mempunyai rasa asam manis dan pedas. Walaupun terlihat sederhana, tepo tahu memiliki cita rasa yang begitu menggoda.

Untuk menemukan kedai tepo tahu di Kabupaten ngawi tidak lah sulit, Tepo tahu banyak di jual di daerah ngawi. Salah satu penjual tepo tahu terkenal di ngawi adalah Tepo Mbah Nem, Tepo mbah nem terletak di Jl.Dr Soetomo, Kel Ketanggi, Kabupaten Ngawi Jawa Timur.

2. Keripik Tempe


Keripik tempe sumber foto (https://www.instagram.com/prima_kripiktempengawi/)
Keripik tempe sumber foto (https://www.instagram.com/prima_kripiktempengawi/)



Keripik Tempe merupakan salah satu oleh oleh khas Kabupaten Ngawi, selain bisa di jadikan cemilan keripik juga tempe sering di jadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Ngawi.

Keripik tempe terbuat dari bahan dasar yaitu kedelai. Untuk pembuatan keripik tempe sebenarnya mirip seperti cara membuat tempe goreng, hanya saja untuk cara pemotongan nya yang sedikit berbeda. Pertama tama tempe di iris tipis tipis menggunakan alat sehingga tidak mudah hancur. Kemudian irisan tersebut di celup adonan dengan bumbu-bumbu agar terasa gurih dan nikmat, lalu kemudian di goreng kering menggunakan minyak sedang sehingga tempe tersebut dapat mengembang dan tidak mudah gosong. Biasanya keripik tempe di kemas menggunakan plastik yang begitu rapat sehingga memiliki rasa yang renyah dan juga tahan lama.

Jika kamu berkunjung ke kota Ngawi dan ingin mencicipi keripik tempe khas ngawi. Kamu bisa menemukan nya di, Sadang, Desa Prandon, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Di sana terdapat banyak rumah industri yang mengolah dan menjual keripik tempe oleh- khas Ngawi.

3. Lethok 


Lethok Makanan Khas Ngawi Sumber foto (https://www.instagram.com/eatkeliling/)
Lethok Makanan Khas Ngawi Sumber foto (https://www.instagram.com/eatkeliling/)



Tempe yang semangit atau tempe busuk akan di buang dan ditinggalkan karena memiliki aroma bau yang tidak sedap. Tapi siapa sangka tempe busuk tersebut bisa di olah menjadi makanan lezat yang bernama lethok.

Lethok merupakan salah satu makanan tradisional dari ngawi. Lethok pada dasarnya terbuat menggunakan tempe busuk. Atau sering di sebut dengan tempe bosok di Kabupaten ngawi. Walaupun demikian Akan tetapi lethok memiliki rasa yang gurih dan juga pedas.
Rasa gurih tersebut berasal dari proses pembuatan nya yaitu tempe biasa dan tempe semangit yang di haluskan lalu dicampur dengan cabai, bawang merah dan rempah rempah lainya yang sudah di halus kan lalu di campur dengan santan dan di olah. Lethok biasanya di campur dengan tahu goreng jeroan sapi dan daging ayam.

Lethok akan terasa nikmat bila di santap bersama nasi hangat. Tak heran lagi jika lethok di buru para masyarakat yang berkunjung di kota ngawi. Kelezatan lethok tak perlu di ragukan lagi karena isian nya yang sangat lengkap mulai dari daging, jeroan sapi daun singkong dan urapan. semuanya di campur jadi satu lalu di siram menggunakan kuah lethok yang terbuat dari tempe busuk serta aneka macam rempah rempah di dalamnya.
gimana nih sobat penasaran bagaimana rasanya? yuk buruan di coba.

4. Cokelat Tempe


Cokelat Tempe Awicho Sumber foto (https://www.instagram.com/awicho.id/)
Cokelat Tempe Awicho Sumber foto (https://www.instagram.com/awicho.id/)


Cokelat tempe adalah salah satu oleh oleh khas dari Kabupaten Ngawi, Jika berbicara soal cokelat, Pasti yang terbayang di benak kita adalah camilan yang mempunyai rasa yang manis dengan isian almond dan kacang mete. Maka di Kabupaten Ngawi isian cokelat ini di ganti dengan isian tempe. Sehingga mempunyai rasa yang unik dan juga nikmat. Untuk varian rasanya cokelat tempe memiliki varian rasa ada original, tiramishu dan juga cokelat susu

Cokelat tempe merupakan camilan yang kekinian yang di produksi di Desa Ndanguk, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi. Untuk outletnya berada di Jl.Basuki Rahmat, No.5 Ngawi, ( sebelah timur perempatan Kartonyono Kota ngawi).

5. Wedang Cemue Khas Ngawi.



Wedang cemue Khas Ngawi Sumber foto (https://www.instagram.com/atimmardiyah/)
Wedang cemue Khas Ngawi Sumber foto (https://www.instagram.com/atimmardiyah/)



Wedang cemue merupakan salah satu minuman khas Ngawi. Wedang cemue memiliki cita rasa yang sangat nikmat bagi pecinta minuman hangat. 

Dengan perpaduan rasa gurihnya santan serta di campur dengan gula tebu dan pedasnya jahe, serta di campur dengan isian kacang dan potongan roti tawar. Membuat wedang cemue meliki rasa yang begitu nikmat dan hangat.

6. Ledre


Ledre oleh-oleh khas Ngawi sumber foto (https://www.instagram.com/toko_roti_jakarta)
Ledre oleh-oleh khas Ngawi sumber foto (https://www.instagram.com/toko_roti_jakarta)



Ledre merupakan sebuah jajanan tradisional yang banyak di temukan di pusat oleh-oleh khas ngawi. Ledre itu sendiri sebenarnya bukan asli Kabupaten Ngawi, melainkan Kota Bojonegoro. Namun karena ledre banyak di gemari masyarakat ngawi. Sehingga ledre banyak di temui di pusat oleh-oleh Kabupaten Ngawi.

Makanan yang berbahan dasar pisang, tepung beras dan gula pasir ini memiliki cita rasa yang manis, gurih dan juga nikmat. Sehingga tidak heran lagi jajanan ledre ini selalu di buru para wisatawan yang berkunjung di kota Ngawi

7. Dodol Jambu Merah


Dodol Jambu Merah Khas Ngawi Sumber foto (https://www.instagram.com/eva_agustiyana/)
Dodol Jambu Merah Khas Ngawi Sumber foto (https://www.instagram.com/eva_agustiyana/)


Dodol Jambu merupakan salah satu jajanan oleh-oleh khas Ngawi. Dodol atau sering di sebut jenang merupakan salah  satu makanan manis dari indonesia. Seperti pada umum nya bahan utama untuk membuat dodol adalah santan kelapa, tepung ketan,gula pasir dan gula merah. Namun ada bahan tambahan di dodol khas ngawi yaitu berupa jambu merah.

Sesuai namanya salah satu bahan utama untuk pembuatan dodol adalah jambu merah. Jambu merah merupakan salah satu buah yang banyak di gemari oleh setiap orang.
Dodol jambu merah merupakan salah satu oleh-oleh khas Ngawi yang mempunyai cita rasa yang begitu unik dan juga nikmat.

Posting Komentar untuk "Di Jamin Bikin Ngiler! Berikut Makanan Khas Ngawi Yang Harus Kamu Coba"