Blogger Jateng

Informasi Tentang Wisata Air Terjun Tirtosari Magetan - Lokasi, Fasilitas Dan Harga Tiket

Air terjun tirtosari merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Kabupaten Magetan, Jawa timur. Air terjun tirtosari merupakan salah satu destinasi wisata alam yang patut untuk kamu kunjungi saat liburan bersama keluarga.

Air terjun tirtosari terletak di sebuah lereng gunung lawu. Jadi tidak heran lagi kalau suasana di air terjun tirtosari mempunyai suasana alam yang sejuk dan juga nyaman. Oleh sebab itu para pengunjung di wisata air terjun tirtosari menjadi betah saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Air terjun tirtosari ini tidak pernah sepi pengunjung, air terjun tirtosari ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Mulai dari wisatawan lokal maupun dari wisatawan luar daerah magetan. Dengan rata rata 100 - 200 orang pengunjung di setiap harinya.


Air terjun tirtosari, Sumber foto (https://www.instagram.com/wisatamagetan/)
Air terjun tirtosari. Sumber foto (https://www.instagram.com/wisatamagetan/)


Air terjun tirtosari memiliki ketinggian sekitar 50 Meter. Air terjun tirtosari terletak di antara perbukitan yang sangat tinggi dengan dihiasi oleh pepohonan-pepohonan yang rindang. Air terjun tirtosari ini masih terjaga keasrian nya.Selain itu air terjun tirtosari mempunyai air terjun yang jernih dan juga sejuk.

Di wisata air terjun tirtosari pengunjung dapat merasakan cipratan airnya dari air terjun tersebut dengan mendekati kolam kecil yang berada di bawah air terjun tersebut. Selain itu pengunjung juga bisa ke jembatan pas di bawah aliran air terjun dan berfoto dengan latar belakang air terjun tirtosari yang indah.

Selain itu di air terjun tirtosari juga terdapat beberapa warung makan di sekitar air terjun. Jadi saat anda sudah lelah berjalan-jalan dan merasa lapar anda bisa mampir ke warung makan tersebut dan menyantap beberapa olahan-olahan kuliner khas magetan. 

Jika kamu penasaran dengan apa saja yang terdapat di dalam wisata air terjun tirtosari. Yuk simak terus ulasan berikut ini.

Fasilitas Air Terjun Tirtosari

Menikmati keindahan, dari air terjun tirtosari, Sumber foto (https://www.instagram.com/raffiarganata/)
Menikmati keindahan dari air terjun tirtosari. Sumber foto (https://www.instagram.com/raffiarganata/)


Wisata air terjun tirtosari merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di kabupaten magetan. Jadi tidak heran lagi kalau wisata ini mempunyai fasilitas yang memadai untuk para pengunjungnya.

Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di wisata air terjun tirtosari:
  • Tempat parkir yang luas
  • Camping ground
  • Gazebo untuk bersanti
  • Warung jajanan dan warung makan
  • Toilet umum
  • Spot foto
  • Jasa sewa kuda
  • mushola
Berikut beberapa fasilitas yang di sediakan di wisata air terjun tirtosari. Gimana cukup memadai bukan. Yuk nikmati liburan kamu di wisata air terjun tirtosari.

Lokasi Dan Rute Air terjun Tirtosari

Plang petunjuk arah, ke air terjun tirtosari, Sumber foto (https://www.instagram.com/drisnani/)
Plang petunjuk arah ke air terjun tirtosari. Sumber foto (https://www.instagram.com/drisnani/)



Jika anda ingin berkunjung ke air terjun tirtosari dan ingi tau tentang letak lokasinya. Lokasi air terjun tirtosari berada di ngluweng kulon, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa timur.

Air terjun tirtosari ini tidak jauh dari wisata telaga sarangan jadi dari telaga sarangan kamu bisa mengunjungi air terjun tirtosari menggunakan ojek, menggunakan motor pribadi atau berjalan kaki.

Untuk perjalanan dari loket masuk ke air terjun nya kamu harus menempuh jarak sekitar kurang lebih 2 Kilo Meter. Jika kamu ingin mengunjunginya dengan jalan kaki jarak yang di tempuh membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Jika kamu kesana menggunakan ojek kamu akan lebih cepat sampai di air terjun tersebut.

Untuk sampai ke lokasi air terjun tirtosari pengunjung akan melewati area persawahan dengan jalan setapak dan para pengunjung akan di suguhkan oleh pemandangan yang indah dari hijaunya bukit- bukit dan persawahan. Jika kamu bingung dengan perjalanan dari tiket masuk menuju ke air terjunnya, pihak pengelola sudah menyediakan pemandu wisata. Jadi jangan khawatir untuk tersesat.

Jika kamu tidak ingin capek capek saat menuju ke air terjun nya, pihak pengelola wisata juga memberikan jasa penyewaan kuda. Dengan berkuda kamu bisa santai menuju ke air terjun tirtosari dan tidak perlu capek capek untuk berjalan kaki.

Jika kamu ingin ke sana dan masih bingung dan awam dengan rute perjalanan nya. Saya saran kan untuk menggunakan layanan navigasi dari Google Maps. Untuk link nya anda bisa klik disini.

Tiket Masuk Air Terjun Tirtosari.

Jalan setapak, menuju lokasi, air terjun tirtosari, Sumber foto (https://www.instagram.com/lalawildan/)
Jalan setapak menuju lokasi air terjun tirtosari. Sumber foto (https://www.instagram.com/lalawildan/)


Jika kamu ingin berkunjung ke wisata air terjun tirtosari dan ingin tau tentang berapa harga tiket yang ditawarkan. Untuk menikmati keindahan dari air terjun tirtosari kamu kamu harus mengeluarkan biaya masuk sekitar Rp.7.000 saja.

Dengan biaya segitu kamu sudah bisa puas berjalan-jalan dan menikmati keindahan yang di suguhkan oleh air terjun tirtosari

Untuk jam operasional nya  air terjun tirtosari buka setiap hari dari pukul 08.00 - 18.00 WIB.

Tips Berkunjung

Menikmati keindahan, di area persawahan, sambil minum kopi, Sumber foto (https://www.instagram.com/chii_noel/)
Menikmati keindahan di area persawahan sambil minum kopi. Sumber foto (https://www.instagram.com/chii_noel/)


Biar liburan kamu semakin berkesan dan menyenangkan, saya mempunyai beberapa tips yang dapat anda terapkan saat berlibur ke wisata air terjun tirtosari.

Berikut beberapa tips saat berlibur ke wisata air terjun tirtosari:
  • Saat berkunjung ke wisata air terjun tirtosari pastikan kondisi cuaca nya cerah dan tidak mendung atau hujan.
  • Jangan lupa saat berkunjung pastikan bahwa kondisi badan sehat dan prima.
  • Jika tidak kuat untuk perjalanan dari loket masuk ke air terjunnya, sebaiknya jangan di paksa kan sebaiknya istirahat dulu, atau menggunakan fasilitas yang telah di sediakan oleh pihak pengelola.
  • Pastikan kalau datang di waktu pagi hari, selain udaranya yang sejuk dan tidak panas kalau di waktu pagi hari. Kamu juga bisa mempunyai waktu lebih lama saat berwisata ke air terjun tirtosari.
  • Jaga selalu kebersihan saat berkunjung biar selalu terjaga keasrian dan keindahannya.
  • Jangan lupa untuk selalu menjaga keselamatan anda saat berkunjung ke air terjun tirtosari, karena kesehatan dan keselamatan anda lah yang utama.
Demikian telah sampai di sini pembahasan tentang Informasi Tentang Wisata Air Terjun Tirtosari Magetan - Lokasi, Fasilitas Dan Harga Tiket. Semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu kunjungi Wisata Ngawi dan dapatkan update terbaru tentang seputar tempat tempat wisata

Posting Komentar untuk "Informasi Tentang Wisata Air Terjun Tirtosari Magetan - Lokasi, Fasilitas Dan Harga Tiket"